IF YOU DO THE SAME, THEN THE RESULT IS THE SAME. CHANGE WILL NOT HAPPEN UNTIL YOU CHANGE THE CAUSE

Kamis, 08 Mei 2014

Analisa Jaringan dan Keamanan Komputer Warnet

Ini adalah judul untuk pembuatan karya ilmiah saya yang ditugaskan oleh Gunadarma sebagai syarat untuk kelulusan nantinya. Penulisan ilmiah ini bisa dikatakan adalah pemanasan untuk saya sebagai mahasiswa Gunadarma sebelum nantinya harus berjibaku dalam pengerjaan tugas akhir berupa skripsi. Kenapa saya memilih judul ini, karena seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, warnet pun kian menjamur dan orang-orang jahat pun semakin pintar, oleh sebab itu kita sebagai pemilik komputer pun harus semakin pintar untuk mengamankan komputer dengan bantuan beberapa software.

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Analisa ini dimaksudkan untuk Menganalisa dan mengetahui topologi Jaringan pada warnet dan applikasi-applikasi, software atau security apa saja yang digunakan oleh warnet tersebut serta  mengetahui kelas ip-address apa yang digunakan dan ISP apa yang digunakan oleh warnet tersebut.

Untuk pemblokiran penginstalan aplikasi dari user luar warnet tersebut menggunakan applikasi Anti-Exe, dimana applikasi Anti-Exe tersebut akan memblokir seluruh applikasi diluar list program yang sudah pertama kali diinstalasi oleh ownernya tersebut, dan Deep Freeze untuk partisi sistem atau partisi "master" (System C) karena partisi ini yang paling banyak diserang oleh virus atau mengalami masalah dengan OS ketika startup. Lalu warnet tersebut menggunakan AntiVirus Avira dan Smadav sebagai proteksi tambahan, gunanya untuk  mencegah adanya Virus yang datang, dan warnet tersebut  mengunakan Applikasi WinBox untuk pembatasan Bandwidth kepada Kmputer client, agar terhindar dari koneksi lambat yang di akibat  kan oleh Komputer Client lainya.

Hasil dari semua pembahasan ini, Menggunakan Topologi Star pengelolaan jaringan menjadi mudah, kegagalan komunikasi mudah ditelusuri. AntiVirus yang digunakan dapat mencegah Virus Komputer seperti Malware,Spyware,Trojan,Worm. Anti-Exe user tidak dapat Menginstall Aplikasi, Selain Aplikasi yang ada dan akan memblok semua program applikasi exe diluar list program yang sudah masukan pertama kali. Deep Freeze untuk pengamanan partisi "master". Pembatasan Bandwidth menggunakan applikasi WinBox  dapat mengecilkan penggunaan Bandwidth pada setiap komputer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar