IF YOU DO THE SAME, THEN THE RESULT IS THE SAME. CHANGE WILL NOT HAPPEN UNTIL YOU CHANGE THE CAUSE

Kamis, 15 Mei 2014

Contoh CV

Sebelum saya memberi contoh CV, saya akan sedikit menjelaskan tentang CV itu sendiri. CV atau curriculum vitae merupakan modal utama penting bagi anda untuk melamar suatu pekerjaan. Dengan menggunakan CV yang baik dan benar, dapat membantu anda untuk lolos ke tahap selanjutnya. 

Tips menulis CV :

1. Informasi yang Benar 
Menurut Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi segala informasi nyata yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. "Jangan kita paksakan misalnya harusnya umur sudah tidak sesuai dengan batas minimal perusahaan yang dituju tapi malah memaksakan," ujarnya saat dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Lengkap & Padat 
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang sekiranya bisa menunjang profil Anda di mata staf personalia atau user. Misalnya pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.

"Yang pasti kita membuat tulisan CV itu singkat padat tapi bisa menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching," tutur wanita lulusan Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Mudah Dibaca 
Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan mudah dibaca. Font tulisan cukup besar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim 
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa terlebih dulu resume Anda dan jangan sampai ada yang salah tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.

5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung 
Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Misalnya Anda pernah mengikuti training jurnalistik jika ingin melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Bisa juga prestasi yang pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

"Prestasi juga perlu ditulis seperti lomba nyanyi atau tulis saja. Nggak masalah, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu hanya sebagai informasi tambahan. Dengan begitu bisa dinilai kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi hanya menjadi info tambahan," papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman 
Buat CV maksimum hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti tentang Anda. Hanya profesional atau orang yang sudah pernah memegang jabatan tinggi, memiliki segudang pengalaman yang harus dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Jelas 
Jika mengirim surat lamaran lewat email, pastikan subjek yang Anda cantumkan jelas (misalnya: 'CV marketing' atau 'calon reporter'). File attachment juga harus jelas, seperti 'lampiran portfolio' atau 'contoh tulisan'.

Berikut adalah contoh CV :

PERSONAL SUMMARY 

Data Pribadi Nama : Sukma Darnet Setyadi

Tempat & tanggal lahir : Sragen, 06 Maret 1992

Agama : Islam 

Alamat rumah : Jl. Mayjen HE Sukma No. 26, Bogor 16720

Nomor telepon : 0878-7433-xxxx

E-mail : sukmadarnetsetyadi@yahoo.com



Pendidikan 



Formal 

1998 - 2004 : SDN Harjasari 1

2004- 2007 :  SMPN 1 Ciawi

2007 - 2010 : SMKN 3 Bogor

2010 - 2014 : Universitas Gunadarma Depok



Non Formal 

2009 : Kursus Cisco with sertificate International
2013 : Kursus PHP Framework Code Igniter



Keahlian


B.Inggris
Software Computer
Networking with Cisco
Bahasa Pemrograman : Java, PHP, XML, HTML, C++
Linux
Web desain
Internet 



Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Atas perhatian bapak/ibu, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. 



Hormat saya, 




(Sukma D. Setyadi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar