IF YOU DO THE SAME, THEN THE RESULT IS THE SAME. CHANGE WILL NOT HAPPEN UNTIL YOU CHANGE THE CAUSE

Kamis, 15 Mei 2014

Kutipan

Berikut adalah beberapa pendapat mengenai apa itu kutipan :

1.      Kutipan adalah salinan kalimat paragraph,atau pendapat dari seorang pengarang atau ucapan orang terkenal karena keahliannya, baik yang terdapat dalam buku, jurnal, baik yang melalui media cetak maupun eslektronik. 
2.      Kutipan merupakan suatu  pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang penulis, atau ucapan yang terdapat dalam buku maupun majalah, yang berfungsi untuk menegaskan isi dari uraian untuk membuktikan kebenaran dari apa yang diucapkan.
3.      Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip.
 4.      Kutipan adalah pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Seorang penulis tidak perlu membuang waktu untuk menyelidiki suatu hal yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh penulis lain.

Pada dasarnya, definisi kutipan adalah menyalin sumber bacaan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, mengutip adalah mengambil pendapat atau kalimat dari buku atau dari sumber lainnya. Mengutip berbeda dengan plagiat. Plagiat adalah mengambil karangan atau pendapat orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan atau pendapatnya sendiri.
  
  Macam-macam Kutipan

Pada umumnya kutipan dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
1. Kutipam langsung (Direct Quotation)
      Adalah Kutipan yang kata-katanya utuh dikutip semua dari sebuah naskah oleh
penulis tanpa merubah sedikitpun isi dari sebuah naskah tersebut baik bahasanya maupun ejaannya. Kutipan langsung biasanya digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:
a.       untuk mengutip rumus atau model matematika
b.      untuk mengutip peraturan-peraturan hukum, surat keputusan, surat perintah.
            c.       untuk mengutip peribahasa, puisi, karya drama, dan kata-kata mutiara.
d.      untuk mengutip beberapa definisi yang dinyatakan dalam kata-kata yang sudah  pasti.
e.  untuk memgutip beberapa pernyataan ilmiah jika dinyatakan dalam bentuk lain yang dikhawatirkan akan kehilangan maknanya.
Tata cara yang harus di perhatikan dalam penulisan kutipan langsung yaitu,
a.       Kutipan yang panjangnya kurang dari empat baris dimasukkan ke dalam teks, diketik seperti ketikan teks, diawali dan diakhiri dengan tanda petik (“). Sumber  rujukan ditulis langsung sebelum atau sesudah teks kutipan, dan Format penulisan diakhiri (Penulis,Tahun:Halaman).
 Contoh kutipan langsung :
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dngan apa yang diinginkan oleh pnulis atau pembicara" (Keraf, 1983: 3).
 
2.   Kutipan tidak langsung (Indirect Quotation atau paraphrase) 
      adalah kutipan yang tidak persis sama seperti bahan aslinya. Pengutip hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang di kutip menurut jalan pikiran dan bahasa yang disusun oleh pengutip. Kutipan tidak ditulis diantara tanda petik, melainkan langsung dimasukkan dalam kalimat atau alinea. Tata cara yang harus di perhatikan dalam penulisan kutipan langsung yaitu: 
a.    Kalimat yang mengandung kutipan ide di tulis dengan spasi rangkap sebagaimana dengan teks biasa. 
b.   semua kutipan harus di rujuk, sumber rujukan dapat di tulis sebelum atau sesudah kalimat-kalimat yang mengandung kutipan. 
c.    Apabila di tulis sebelum teks kutipan, nama akhir sebagaimana tercantum  dalam daftar pustaka masuk ke dalam teks, di ikuti dengan tahun terbitan di    antara tanda kurung.  
d.   Apabila di tulis sesudah teks kutipan, rujukan di tulis di antara tanda kurung, di mulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka, titik dua, dan diakhiri dengan tahun terbitan.
 Contoh Kutipan tidak langsung :
    Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis (Keraf, 1983: 3).
  C.       Fungsi Kutipan
a.  Sebagai landasan teori
b.  Penguat pendapat penulis
c.   Penjelasan suatu uraian
d.   Bahan bukti untuk menunjang pendapat yang di kemukakan.
Akan tetapi, Kutipan juga memiliki fungsi tersendiri yaitu, sebagai berikut:
1.  Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi.
2.  Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.
3.  Memudahkan penilaian penggunaan sumber dana.
4.  Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan.
5.  Mencegah pengulangan penulisan daftar pustaka.
6.  Meningkatkan estetika penulisan.
7.  Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang  terkait dengan daftar pustaka.
Sumber : http://mila-fitriani.blogspot.com/2013/01/tentang-kutipan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar